Senin, 01 Januari 2001

PROGRAM PENGOLAH NILAI DAN BUKU INDUK SISWA SD/MI



 Setelah aku browsing dimana-mana, siapa tau dapat program penilaian khusus SD, eee… ternyata sulit juga mendapatkannya.. akhirnya aku baru ingat kalo di kompiq ada contoh penilian, tapi sayangnya contoh yang ada bukan untuk SD tapi untuk Madrasah Aliyah alias MA. tapi tidak apa-apa pikirku. Nanti menu-menunya saya ganti saja sesuai dengan kebutuhan di SD. E.. ternyata setelah mo dirubah sesuai keinginanku.. excelnya dilindungi alias diprotek, ya aku maklum juga koq, karna untuk membuat aplikasi seperti itu meskipun menggunakan excel lumayan capek n melelahkan, seperti yang aq alami sendiri, hehehe… sok pengertian..
Biar tidak berbelit-belit n membulet, aku langsung aja ke pokok permasalahan..
Program Pengolah nilai ato saya singkat dengan PROPENIL ini saya buat untuk kebutuhan saya pribadi n teman-teman disekolah (bagi teman2 yang membutuhkan dan dianggap cocok ga apa-apa juga memakainya, gratis koq dengan catatat kalo masa trialnya masih ada). Kenapa saya buat program ini n kenapa menggunakan excel. Dahulu kala, ee seperti mo berdogeng pada murid aja. Dulu teman disekolahku mempunyai pengalaman yang kurang mengenakkan. Ceritanya begini.. pada saat pembagian raport, ada salah satu wali murid yang agak kritis (kritis demi kebaikan juga ga papa kan?), menanyakan tentang prosedur penilian sehingga diperoleh nilai raport. Trus teman saya menjawab.. “Pak, nilai raport diperoleh dari nilai Ulangan harian, nilai ulangan tengah semester dan nilai akhir semester”. Itu kira2 jawaban dari teman saya itu.. “trus dmana nilai Harian anak-anak, Pak?” wali murid bertanya lagi seperti kepala sekolah, hehehe.. untung yang ditanya itu kebetulan emang mempersiapkan nilai-nilai siswanya.. coba kalo saya yang ditanya pasti garuk-garuk kepala, hahaha.. lo koq malah berdogeng… Saya buat program ini menggunakan excel karna emang itu yang aku tahu.. program yang lain aku belum tahu alias belum punya ilmunya.
Propenil yang saya buat ini terintegrasi dengan Buku Induk Siswa (BIS), oleh karena itu, sebelum mengisi nilai-nilai yang ada harus mengisi BIS terlebih dahulu supaya kita mudah memasukkan data siswa ke kolom penilaian yang ada.
Adapun menu-menu yang ada dalam Propenil ini, diantaranya : Menu utama atau cover, data umum, data siswa, daftar mata pelajara untuk ulangan harian, UTS, UAS, daftar raport, Buku induk siswa, daftar buku induk, data guru.
Baiklah saya jelaskan masing-masing menu yang ada dalam propenil ini, tapi sebelum Download dulu Propenil untuk SD/MI di sini.

  1. Menu utama atau cover berisi tombol-tombol yang dapat menghubungkan dengan menu-menu yang yang lain sesuai keinginan kita
  2. Data umum, merupakan tempat untuk merubah data, seperti merubah tulisan yang ada dalam cover sesuai sekolah/lembaga anda. Merubah data kelas, merubah semester, tahun pelajaran, nama kepala sekolah, tanggal pembagian raport.
  3. Biodata siswa berisi data lengkap siswa yang kolomnya saya usahakan sama dengan data pada buku induk siswa manual (itu lho buku yang tebal itu). Di biodata sisiwa juga ada fasilitas untuk menambahkan foto siswa yang ada pada kolom terakhir, caranya dengan memasukkan foto siswa kita di sel dengan catatan foto tidak melebihi sel.
  4. BI merupakan singkatan dari buku Induk, berisi buku induk siswa sesuai dengan data yang telah kita isi pada biodata sisw.
  5. Nomor Induk Siswa diisi dengan nomor induk siswa saja pada masing-masing kelas. Nama kelas yang berada di bagian kepala kolom dapat diganti sesuai dengan jumlah kelas yang ada disekolah anda. Apabila mengopy dari sel lain, harap jangan langsung menekan ctrl+v atau menekan tombol paste, gunakan “paste values” agar format yang ada tidak berubah. hal ini juga berlaku pada bagian lain.
  6. Data guru berisi kelas, nama guru, NIP, dan jumlah siswa.
  7. Menu mata pelajara. Menu ini berisi 11 mata pelajaran yang ada di SD termasuk mulok wajib dan pilihan. Dalam lembar ulangan harian harus KKMnya, agar siswa yang perlu diremidi dapa diketahui.
  8. Remidi, berisi daftar siswa yang harus diremidi pada pelaksanaan UAS. KKM harus diisi sesuai KKM masing-masing mata pelajaran.

Demikian penjelasan singkat saya, apabila ada yg kurang dipahami atau ada kritik serta saran demi perbaikan program ini, langsung saja kirim ke email : hartono_cici@yahoo.co.id, atau langsung kirim komentar lewat blog ini. Program ini memang jauh dari sempurna, karna itu saya berharap saran dan kritik dari teman-teman sekalian. Sekian dan terimakasih.

37 komentar:

  1. cara edit nama sekolah dan identitas lainnya gimana ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk ngedit nama sekolah,masuk di data umum, untuk data guru masuk di data guru, untuk data siswa masuk di no. induk siswa kemdian isi NIS pad masing kelas...

      Hapus
  2. terima kasih atas aplikasi ini, kami sangat berterima kasih sekali, karena ini sungguhlah membantu kami dalam melaksanakan program sekolah.

    namun kami adalah SDIT, yang mata pelajarannya lebih banyak dari yang sudah ada dalam aplikasi. bisakah kami berharap bapak bisa membantu kami untuk menyiapkan program yang sesuai lagi dengan mata pelajaran disekolah kami. diantara mata pelajaran kami adalah:
    1. Tahfidz
    2. Tahsin
    3. Aqidah
    4. Fiqih
    5. Adab
    6. Siroh Hadis
    7. Hafalan Doa
    8. Bahasa Arab
    9. Bahasa Indonesia
    10. Bahasa Inggris
    11. PAI
    12. IPA
    13. IPS
    14. Matematika
    15. PJOK
    16. SBK
    17.PKN

    Terima kasih, kami ucapkan bila bapak berkenan membantu kami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insyaallah, akan saya bantu semampunya pak.. saya juga mengucapkan terimakasih bila aplikasi ini dianggap membantu di sekolah bapak, namun aplikasi ini masih banyak kekurangan, jadi saya mohon kritik dan saran bapak.
      tolong email bapak dikirim, nanti Aplikasinya saya kirim via email saja.

      Hapus
    2. Salam bapak.... nah kalo saya mau edit pelajaran yang sesuai di sekolah gimana ya pak...???

      mohon informasinya : fdermawansyah@yahoo.com

      Hapus
  3. terima kasih bapak, semoga amal bapak diterima oleh Allah, sebab program bapak ini merupakan ilmu yang bermanfaat, dan insyaallah amalnya akan mengalir sepanjang aplikasi ini digunakan.

    yang menjadi saran kami pak adalah, untuk data ini akan diberikan pada masing-masing guru kelas, bagaimana aplikasi ini bisa link ke data pusat, setelah wali kelas mengisi nilai murid masing2. sehingga data bisa apdate terus ke data pusat (kantor), semoga Allah memberikan kemudahan kepada bapak untuk mengembangkan aplikasi ini.

    email saya pak : dafrizal.6@gmail.com

    BalasHapus
  4. mengganti nama sekolah yang ada di data nilai bagai mana pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf pak... data sekolah yang ada di data nilai blm bisa di ubah. nanti setelah aplikasi yang baru, insyaallah sudah bisa dirubah.

      Hapus
    2. Pak rizal... aplikasinya sudah saya kirim ke email bapak... kalo tidak ada atau tidak masuk, coba link dibawah ini
      http://www.ziddu.com/download/18311335/PropenilSDITBukuIndukSiswa.xls.html

      Hapus
  5. Sore mas, kok unsur penilaian TUGAS tidak dicatumkan dalam propenil sd ini kan rumus rapor :

    Rapor = (Ulhar+UTS +UAS+ Tugas)/4,
    gimana tu aku jadi bingung ni yang benar gimana apa tugas disatukan dijadikan satu sama ulangan harian apa terpisah???

    BalasHapus
  6. @pur.. Terimaasih atas kritikannya, Mas. Rumus yang sya gunakan dalam propenil ini : NR=(UH X 2)+ UTS + UAS)/4.
    Insyaallah programnya saya tambahi Nilai tugas.

    BalasHapus
  7. Terima kasih banyak atas bantuan bapak, aplikasinya sudah saya terima, semoga ini menjadi amal shalih bapak di hadapan Allah, amin

    BalasHapus
  8. pada aplikasi untuk data yang akan dicetak belum bisa ya pak,

    BalasHapus
  9. Amin...
    Maksuk Bapak, lembar persiswa?

    BalasHapus
  10. Pak saya Sandy,, saya senang dengan artikel bapak,, apalagi dengan propenilnya,, saya butuh propenil kosong yang nanti saya isi untuk SDIT dan MTTS,, kalo bpk Bersedia untuk mengirim filenya ke email saya, saya merasa terbantu, semoga amal kebaikan bpk diterima Allah, amiin. email saya chan286@yahoo.co.id mksi sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya insyaallah saya buatkan pak... disekolah bapak ada berapa mata pelajaran?

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Assalamu'alaykum. Mudah2an Allah membalas kebaikan Bapak kaarena telah memudahkan urusan orang lain. Maaf sebelumnya Pak, saya mau tanya. Untuk mengubah nama sekolah pada propenil SDIT bagaimana ya Pak? Trimakasih atas jawabannya.

    BalasHapus
  13. Mau tanya pak, mata pelajarannya bisa diubah ga pak, kami ada 14 mata pelajaran, terimakasih atas bantuannya sangat berguna bagi kami...wass

    BalasHapus
  14. aplikasi yang sangat bagus... dan sangat bermanfaat semoga Allah melimpahkan Rahmat atas ilmu bapak yan bermanfaat .. cuman kami tidak bisa menggunakan aplikasi ini karena sekolah kmi masih setara MI DAN JUMLAH MP LEBIH BANYAK, jika berkenan mohon di bikin aplikasi ini sehingga bisa merujuk ke sma/ma/smp/mts/sd/mi yang bisa menambahkan input data sekolah dengan mudah dan akan menjadi aplikasi yang sangat bermanfaat .. karena sebaik-baik manusia aalah yang bermanfaat untuk banyak oran ,.... semoga ilmu bapak semakin di berkahi dan bermanfaat untuk pendidikan indonesia kita

    BalasHapus
  15. pak aplikasinya gak bisa di download, mohon kesediaan bapak untuk mengrimkan aplikasinya ke email saya, banghipni@gmail.com.trim semoga blog bapak sukses slalu.

    BalasHapus
  16. programnya bisa di download hanya saja saya tidak bisa merubah nama sekolah, nama siswa dan semua dari isinya. karena filenya hanya read only..di protek dengan password..apakah sekolah kami di perkenankan untuk memanfaatkan program ini. mohon bantuannya. protek paswordnya biar bisa kami edit data2 nya. jasakallah. shamdani. balikpapan

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum Wr Wb.
    Bapak untuk membuat aplikasi buku induk siswa dan pegawai saja kira2 bagaimana ya dan apakah ada tutorial untuk membuat program seperti bapak karena saya ingin membuat sendiri sesuai dengan kebutuhan di sekolah saya terima kasih.
    Email : sdmuhammadiyah1krian@yahoo.co.id
    andra_aja@rocketmail.com
    Terima Kasih dan Salam Kenal

    BalasHapus
  18. assalamu'alaikum.
    mohon maaf bapak, misalkan mengedit sendiri semua aplikasi tersebut, soalnya saya butuh,. tapi semua gax bisa ya. apa karena filenya di protek?
    jika di protek, apa saya boleh minta paswordnya?

    email saya : zhirant_cloose@ovi.com
    terima kasih.

    BalasHapus
  19. Assalaamu'alaikum

    mohon maaf pa' hartono terima kasih sebelumnya untuk aplikasi yang bermanfaat ini.... tapi saya masih aga' bingung karena Mata pelajaran tidak bisa di rubah, sementara sekolah saya bukan sekolah islam....

    mohon bantuannya.... emal saya di fdermawansyah@yahoo.com

    terima kasih
    Wassalaam

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum Wr. Wb.
    terima kasih atas artikel yang sangat bermanfaat ini, mohon ijin untuk diunduh.
    untuk menyesuaikan dengan data yang ada di sekolah kami, berkenan untuk minta password protech sheet
    malirifai2@gmail.com
    md.ali1968@yahoo.co.id
    semoga Allah selalu melindungi kita

    BalasHapus
  21. Assalamu'alaikum.
    Pak Har, biodata siswanya bisa dipisah perkelas nggak?
    Terus bagaimana kalau kelasnya tidak paralel?
    Kalau berkenan mohon dibuatkan juga aplikasi dengan format mata pelajaran MI yang mata pelajarannya sbb:
    1. Al-Qur'an Hadit
    2. Aqidah Akhlaq
    3. Fiqih
    4. Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
    5. PKn
    6. Bahasa Indonesia
    7. Bahasa Arab
    8. Matematika
    9. IPA
    10. IPS
    11. PJOK
    12. SBK
    13. Bahasa Sunda
    14. Bahasa Inggris.
    Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  22. sebelumnya saya mohon maaf karena baru buka blog dan membaca komentar dari bapak2 sekalian. saya mengucapkan banyak terimakasih atas apresiasi terhadap aplikasi ini.
    Aplikasi ini memang masih banyak kekurangannya dan saya sudah memperbaiki sebagian tetapi tak menutup kemungkinan masih ada kekurangannya. bagi yang berminat silahkan downlod http://www.ziddu.com/download/21137572/Propenilbissd_Kls6smt2.xls.html

    BalasHapus
  23. Dan bagi yang membutuhkan 14 mapel atau lebih silahkan download di http://www.ziddu.com/download/18311335/PropenilSDITBukuIndukSiswa.xls.html.
    kalo membutuhkan PW. silahkan hubungi 085258300084 / 081914704646.

    BalasHapus
  24. pak saya senang dan suka dengan propenil buatan bapak,Aplikasi ini sangat bermafaat bagi saya,
    Kalau berkenan mohon dibuatkan juga aplikasi dengan format mata pelajaran MI yang mata pelajarannya sbb:
    1. Al-Qur'an Hadit
    2. Aqidah Akhlaq
    3. Fiqih
    4. Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
    5. PKn
    6. Bahasa Indonesia
    7. Bahasa Arab
    8. Matematika
    9. IPA
    10. IPS
    11. Mulok
    12. SBK
    13. Bahasa Aceh
    14. Bahasa Inggris.
    Kok bisa mata pelajarannya bisa di edit oleh pengguna supaya bisa disesuaikan dengan kondisi sekolah masing masing.
    ko bapak berkenan membuatnya saya sangat berterimakasih,dan diemail aja ke : junaidi_dnf@yahoo.com
    Terimakasih .

    BalasHapus
  25. terimakasih atas aplikasinya yg sangat membantu, cman saya mash kesulitan dalam pengisian aplikasi sekolah kami yang mempunyai 14 mapel di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 11 Jakarta, yang isian mapelnya adalah sebagai berikut :
    1. Al-Qur'an Hadits.
    2. Aqidah Akhlak
    3. Fiqih
    4. Sejarah Kebudayaan Islam
    5. Pendidikan Kewarganegaraan
    6. Bahasa Indonesia
    7. Bahasa Arab
    8. Matematika
    9. Ilmu Pengetahuan Alam
    10. Ilmu Pengetahuan Sosial
    11. Seni Budaya dan Keterampilan
    12. Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan
    13. Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta (PLBJ)
    14. Bahasa Inggris
    saya sangat berharap bapak mau membantu sekolah kami khususnya, dan sekolah maadrasah di Jakarta umumnya (mungkin daerah lain), sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih. Maju terus pendidikan Kita! Aamiiiin

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. thanks pak,..numpang download yach.

    BalasHapus
  28. Assalamu'alaikum Wr.Wb,
    Pak Hartono propenil baik, namun saya mengajar di SD Negeri Prode 3 Kec.Plampang Kab.Sumbawa yang menerapkan mata pelajaran umum. Mohon bantuannya agar saya dapat menggunakan buku induk ini untuk siswa SD umum. email saya : utgurusbw@gmail.com

    BalasHapus
  29. Assalamu'alaikum Wr.Wb...
    Semoga Allah SWT senantiasa memberikan rahmat dan hidayahnya kepada bapak yang sudah men-share ilmu dan hasil karyanya .
    Saya dari MA. Fathur Rahman Batu Sopang (Kaltim) mohon bantuan untuk aplikasinya pak.
    terima kasih banyak atas bantuannya pak. alamat email saya emikalia12@gmail.com

    BalasHapus
  30. Salam, trimakasih untuk aplikasinya sangat bermanfaat pak, maaf passwordnya apa ya, agar kami dapat memanfaatkannya secara menyeluruh, trimakasih.. mohon dikirimkan ke email kami aprilianimufit@gmail.com.. Trimakasih

    BalasHapus