Rabu, 17 November 2010

Menilai 8 jenis kecerdasan anak

Ada 8 jenis kecerdasan menurut Gardner :
KECERDASAN LINGUISTIK
kemampuan untuk menggunakan bahasa untuk mendeskripsikan kejadian, membangun kepercayaan dan kedekatan, mengembangkan argumen logika dan retorika, atau mengungkapkan ekspresi dan metafora. Beberapa jenis pekerjaan yang membutuhkan kecerdasan linguistik adalah wartawan dan reporter, tenaga penjual, penyair, copywriter, penulis dan pengacara.
KECERDASAN LOGIKA-MATEMATIKA
kemampuan menggunakan angka-angka untuk menghitung dan mendeskripsikan sesuatu, menggunakan konsep matematis, menganalisa berbagai permasalahan secara logis, menerapkan matematika pada kehidupan sehari-hari, peka terhadap pola tertentu, serta menelaaj berbagai permasalahan secara ilmiah. Beberapa jenis pekerjaan yang membutuhkan kecerdasan logika matematika adalah : akuntan, ahli statistik, insinyur, penemu, pedagang, dan pembuat program komputer.
KECERDASAN MUSIKAL
kemampuan untuk mengerti dan mengembangkan teknik musikal, merespon terhadap musik, menggunakan musik sebagai sarana untuk berkomunikasi, menginterpretasikan bentuk dan ide musikal, dan menciptakan pertunjukan dan komposisi yang ekspresif. Beberapa jenis pekerjaan yang membutuhkan kecerdasan musical adalah guru musik, pembuat instrumen atau alat musik, pemain band atau konduktor, DJ, kritikus musik, kolektor musik, pencipta lagu atau penyanyi.
KECERDASAN SPASIAL
kemampuan untuk mengenali pola ruang secara akurat, menginterpretasikan ide grafis dan spasial serta menterjemahkan pola ruang secara tepat. Beberapa jenis pekerjaan yang membutuhkan kecerdasan spasial adalah photographer, decorator ruang, perancang busana, arsitek, pembuat film.
KECERDASAN KINESTETIK (BODILY-KINESTHETIC)
kemampuan untuk menggunakan seluruh atau sebagian dari tubuh untuk melakukan sesuatu, membangun kedekatan untuk mengkonsolidasikan and meyakinkan serta mendukung orang lain, dan menggunakannya untuk menciptakan bentuk ekspresi baru. Beberapa jenis pekerjaan yang membutuhkan kecerdasan ini adalah mekanik, pelatih, pengrajin, atlet, aktor, penari atau koreografer.
KECERDASAN INTERPERSONAL
kemampuan untuk mengorganisasikan orang lain dan mengkomunikasikan secara jelas apa yang perlu dilakukan, berempati kepada orang lain, membedakan dan menginterpretasikan berbagai jenis komunikasi dengan orang lain, dan memahami intensi, hasrat, dan motivasi orang lain. Beberapa jenis pekerjaan yang menggunakan kecerdasan interpersonal adalah manajer, politisi, pekerja sosial, pemimpin, psikolog, guru atau konsultan.
KECERDASAN INTRAPERSONAL
kemampuan untuk menilai kekuatan kelemahan, bakat, ketertarikan diri sendiri serta menggunakannya untuk menentukan tujuan, menyusun dan mengembangkan konsep dan teori berdasarkan pemeriksaan kedalam diri sendiri, memahami perasaan, intuisi, temperamen, dan menggunakannya untuk mengekpresikan pandangan pribadi. Beberapa jenis pekerjaan yang menggunakan kecerdasan ini adalah perencana, pemuka agama, atau ahli filosofi.
KECERDASAN NATURALIS
kemampuan untuk mengenali dan mengelompokkan dan menggambarkan berbagai macam keistimewaan yang ada di lingkungannya. Beberapa pekerjaan yang membutuhkan kecerdasan naturalis ini adalah ahli biologi atau ahli konservasi lingkungan.
Selain kedelapan jenis kecerdasan diatas, ternyata masih ada bentuk kecerdasan lain, yaitu
Kecerdasan Eksistensial
kemampuan untuk menikmati pemikiran-pemikiran dan ingin tahu mengenai kehidupan, kematian dan realita yang ada. Anak-anak dengan tingkat kecerdasan eksistensial yang tinggi mungkin akan menunjukkan keingintahuan mengenai bagaiman bumi bertahun-tahun yang lalu, mengapa kita ada di bumi, apakah ada kehidupan di planet lain, kemana mahluk hidup setelah mati, apakah ada dimensi kehiduapn lain dan berbagai pertanyaan sejenis.
BAGAIMANA MENGEMBANGKAN KECERDASAN MAJEMUK SI KECIL ?
Kecerdasan Interpersonal
Secara umum, anak-anak dengan kecerdasan interpersonal tinggi akan dengan senang hati mengikuti semua kelompok kegiatan di dalam dan luar sekolah serta mudah berteman dimanapun ia berada. Anda dapat mendorongnya untuk menunjukkan perilaku yang baik dalam berteman. Anda bisa menuliskan berbagai perilaku yang anda ingin ia kembangkan. Namun ingatlah bahwa orang tua adalah contoh terdekat bagi anak anda. Jika anda ingin mereka bersikap sopan, maka anda pun harus bersikap yang sama, mereka akan mendengarkan anda jika anda juga mau mendengarkan mereka.
Kecerdasan Intrapersonal
Bantu anak-anak untuk belajar menentukan tujuan. Dorong mereka untuk membuat daftar hal-hal yang mereka inginkan atau ingin mereka lakukan lebih baik. Bantu mereka untuk memilah-milah tujuan tersebut menjadi langkah-langkah kecil.
Kecerdasan Logika-Matematika
Jika mereka terus bertanya mengenai cara kerja suatu benda, jawablah pertanyaan meerka dengan sabar dan dorong mereka untuk terus bertanya. Jika meerka inginmelakukan sesuatu tanpa bantuan orang lain, biarkan mereka mencobanya dahulu dan berikan motivasi untuk melakukannya sampai selesai. Jika mereka melakukan kesalahan, jelaskan dengan sabar dan jangan katakan bahwa anda sudah tahu bahwa cara itu tidak akan berhasil. Dorong mereka untuk ikut dalam kegiatan yang banyak membutuhkan kemampuan menyelesaikan masalah dan berpikir kritis misalnya klub catur atau klub robotik. Beberapa permainan yang bisa mengembangkan kecerdasan ini adalah catur, puzzle, Halma, Stratego, Risk atau Sudoku.
Kecerdasan Linguistik
Anak-anak dengan tingkat kecerdasan linguistik tinggi gemar menulis, membaca dan berbicara. Biarkan mereka berdiskusi mengenai buku atau sesuatu yang mereka baca. Untuk memperkaya kosa kata mereka, berikan permainan seperti Boggle atau Scrabble.
Kecerdasan Visual Spasial
Berikan kesempatan bagi anak-anak untuk mengembangkan imajinasi mereka melalui melukis, menggambar, mewarnai, dan kegiatan sejenis. Kembangkan kreativitas mereka dengan mendorong mereka untuk merancang pakaian atau bangunan. Beberapa permainan yang mendukung kecerdasan visual spasial adalah LEGO dan Blokus.
Kecerdasan Musikal
Dorong anak anda untuk bergabung dengan kelompok paduan suara atau band di sekolah. Miliki satu jenis alat musik di rumah dan daftarkan ia ke dalam kursus musik. Perdengarkan berbagai jenis alat musik. Ajak mereka untuk mengarang lagu yang sesuai dengan kegiatan mereka saat itu.
Kecerdasan Kinestetik
Untuk mengembangkan jenis kecerdasan ini, dorong mereka untuk bergabung dalam tim olahraga di sekolah. Ajak mereka untuk melakukan kegiatan olah raga seperti berenang. Daftarkan mereka ke dalam kelas tari.
BAGAIMANA MENGIDENTIFIKASI KECERDASAN MAJEMUK SI KECIL ?
Ada berbagai cara untuk mengidentifikasi kecerdasan majemuk si kecil. Anda bisa datang ke psikolog dan minta untuk dilakukan tes terhadapnya. Masalahnya tes yang dilakukan umumnya berupa pertanyaan verbal dengan kunci jawaban yang standar. Hal ini bisa menjadi masalah jika si anak tidak mengerti benar pertanyaan yang diajukan karena berbagai alasan, misalnya perbedaan bahasa atau istilah yang digunakan, kondisi anak pada saat tes dilakukan (capek, ngantuk, marah) atau hambatan lain seperti spektrum autisme. Untuk mengatasi masalah tersebut, cara lain untuk mengukur kecerdasan majemuk si kecil adalah dengan melakukan tes sidik jari. Berbagai hasil riset dari para ahli dermatoglyphics (ilmu yang mempelajari pola kulit) menunjukkan bahwa sidik jari berhubungan erat dengan perkembangan sistem syaraf seseorang. Hasil tes sidik jari ini dipercaya jauh lebih akurat daripada tes verbal. Cara termudah (dan temurah) adalah dengan melakukan pengamatan sendiri terhadap anak Anda. Berhati-hatilah dalam melakukan pengamatan. Anak anda mungkin mendapat nilai jelek dan tidak suka pada pelajaran matematika, namun sebenarnya dia memiliki tingkat kecerdasan logika matematika yang tinggi. Nilai jelek hanya karena dia tidak suka dan tidak mengerti cara mengajar sang guru matematika.
BEBERAPA PERTANYAAN UNTUK MEMBANTU MENGIDENTIFIKASI KECERDASAN MAJEMUK ANAK ANDA
Kecerdasan Logika Matematika
Apakah anak anda :
  • Menyenangi pelajaran matematika?
  • Senang menyelesaikan berbagai soal matematika?
  • Senang bekerja dengan komputer?
  • Sering bertanya mengenai cara kerja suatu benda?
  • Senang permainan yang menggunakan strategi, seperti puzzle, catur atau othello?
  • Senang melakukan percobaan ilmiah?
Kecerdasan Linguistik
Apakah anak anda :
  • Senang membaca buku?
  • Senang belajar kosa kata baru dan menggunakannya dalam berbicara atau menulis?
  • Senang bercerita atau mendengarkan cerita?
  • Memiliki ingatan yang baik tentang orang, tempat, nama dan tanggal?
  • Sering kesal jika seseorang salah menggunakan kata?
Kecerdasan Spasial
Apakah anak anda :
  • Senang menggambar?
  • Atau senang mencoret-coret di atas kertas?
  • Senang berkhayal?
  • Lebih mudah membaca peta, gambar dan diagram dibandingkan tulisan?
  • Dapat menemukan jalan di tempat baru tanpa harus ditunjukkan?
  • Senang membongkar sesuatu dan menggabungkannya kembali?
  • Senang bermain balok 3 dimensi seperti LEGO?
Kecerdasan Kinestetik
Apakah anak anda :
  • Tidak bisa diam atau kakinya terus bergerak ketika sedang duduk untuk waktu yang agak lama?
  • Senang melakukan kegiatan seperti berenang, berlari, naik sepeda atau bermain sepatu roda?
  • Menggunakan bahasa tubuh dan gerakan tangan ketika berbicara dengan orang lain?
  • Ingin menyentuh benda yang baru dikenalnya/ dilihatnya?
  • Senang mencoba kegiatan olah raga baru dan tidak cepat lelah?
  • Menunjukkan gerakan fisik yang berbeda sewaktu sedang berpikir atau bekerja?
  • Menirukan gerakan tubuh orang lain?
Kecerdsan Musikal
Apakah anak anda :
  • Senang mendengarkan musik?
  • Senang bernyanyi atau bersenandung?
  • Kesal jika suara musik dimatikan?
  • Senang memainkan alat musik?
  • Mudah mingingat irama suatu lagu walaupun baru mendengar satu kali?
  • Memilki suara yang indah?
Kecerdasan Interpersonal
Apakah anak anda :
  • Memiliki dua atau lebih sahabat dekat?
  • Mengerti perasaan teman mereka dari raut wajah, gerakan tubuh dan suara?
  • Memperhatikan perasaan temannya?
  • Bisa berempati dengan orang lain?
  • Membantu temannya menyelesaikan masalahnya?
  • 'Street Smart' ?
  • Menempati posisi di organisasi sekolah atau kelompok?
  • Merupakan pemimpin secara alamiah?
Kecerdasan Intrapersonal
Apakah anak anda :
  • Senang menyendiri?
  • Membutuhkan tempat yang tenang untuk dirinya?
  • Bisa mengekspresikan perasasnnya secara tepat?
  • Memiliki ketertarikan atau hobi yang tidak suka ia bicarakan?
  • Menunjukkan kemandirian dan keras kepala?
  • Memiliki kemampuan untuk menyadari kekuatan dan kelemahan dirinya?
Kecerdasan Naturalis
Apakah anak anda :
  • Senang berada di luar ruangan dan senang bersepeda, mendaki gunung, berkemah, atau memancing?
  • Senang mengkoleksi hal-hal yang berkaitan dengan alam misalnya bebatuan, bunga, dll?
  • Tertarik dengan alam dan berusaha mempelajari secara rinci?
  • Senang mengamati hal-hal yang terjadi di alam?
  • Mempelajari hal-hal yang ditemukannya di alam?
  • Senang mengamati bintang, bulan atau gelombang dan berusaha mencari informasi mengenai hal tersebut?
  • Senang binatang dan mau mempelajarinya?
Sumber : BeingMom.org [http://beingmom.org/index.php/2007/11/09/multiple-intelligence/]